Gambar 1. Foto Bersama di Desa Panglipuran

 

Jum’at (24/02/2023), SMA Negeri 1 Ngaglik mengadakan kegiatan Karya Wisata (Study Tour) bagi siswa-siswi kelas XI. Kegiatan Study Tour kali ini menuju ke Pulau Dewata, Bali. Dengan didampingi oleh sepuluh tenaga pendidik dan kependidikan, sebanyak 160 peserta didik kelas XI SMAN 1 Ngaglik dengan sangat penuh antusias mengikuti kegiatan ini.

Sesampai di Bali pada Sabtu (25/02/2023), rombongan menuju Tujuan Karya Wisata yang pertama yaitu Desa Panglipuran. Desa Penglipuran adalah salah satu desa adat di mana masyarakatnya masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional Bali dalam kehidupan sehari-hari. Rumah dan bangunan di desa ini  pun masih menjunjung nilai-nilai adat. Sehingga di sini siswa dapat mempelajari tentang keanekaragaman budaya dengan melihat budaya masyarakat setempat.

Guru dan Siswa di Desa Panglipuran

Gambar 2. Guru dan Siswa di Desa Panglipuran

Tujuan kedua Karya Wisata  yaitu Pantai Kuta yang terletak di sebelah selatan Kota Denpasar, Bali. Salah satu tempat yang menjadi objek wisata bagi turis domestik maupun mancanegara ini sangat ramai dipenuhi oleh pengunjung.

Gambar 3. Pantai Kuta

Setelah menghabiskan sore hari di Pantai Kuta, rombongan yang cukup kelelahan setelah melakukan perjalanan Jogja-Bali dan berkeliling Kota Bali, menuju tempat peristirahatan di sebuah hotel di daerah Seminyak. Setelah beristirahat semalaman, antusiasme rombongan untuk mengelilingi Pulau Dewata kembali pulih. Tujuan Karya Wisata berikutnya, yaitu pada Minggu (26/02/2023) adalah Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, dan Garuda Wisnu Kencana.

Gambar 4. Penangkaran Penyu, Tanjung Benoa

 

Gambar 5. Pantai Pandawa

 

Gambar 6. Garuda Wisnu Kencana

Pada Senin (27/02/2023), yang juga merupakan hari terakhir pada agenda kegiatan Karya Wisata SMAN 1 Ngaglik di Bali, para rombongan berangkat menuju tujuan terakhir yaitu Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot adalah salah satu Pura yang sangat disucikan di Bali. Di sana terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Gambar 7. Pura Tanah Lot

 

Karya Wisata ini merupakan bagian Pembelajaran di luar kelas yang bertujuan memberikan pengalaman dan pengetahuan langsung kepada siswa dengan kegiatan-kegiatan di lapangan. Selain itu Study Tour berguna juga untuk menyegarkan kembali minat serta antusias peserta didik dalam menggali ilmu di luar kelas. Sepulang dari Bali, diharapkan peserta didik kembali semangat dalam berbagai kegiatan belajar di dalam lingkungan sekolah. (Admin)