Salah satu upaya meningkatkan kegiatan literasi di sekolah, Perpustakaan Kalpawidya SMAN 1 Ngaglik memberikan apresiasi / penghargaan sebagai The Best Reader kepada anggota perpustakaan yang sering membaca buku di perpustakaan maupun yang rajin dalam kegiatan literasi di kelas. Pemenang ditentukan berdasarkan kriteria banyaknya buku yang dibaca dan banyaknya rangkuman literasi setiap pagi di dalam kelas sampai bulan November 2023 selama tahun 2023.

Pemberian apresiasi / penghargaan ini merupakan salah satu program kerja Perpustakaan Kalpawidya dalam peningkatan minat baca warga sekolah dalam kurun waktu 1 tahun. Wujud apresiasi / penghargaan ini berupa sertifikat dan uang pembinaan. Dengan adanya pemberian apresiasi ini diharapkan dapat memotivasi semua warga sekolah agar menjadi insan gemar membaca dalam rangka mencapai visi sekolah yaitu “Menjadi Komunitas Gemar Belajar, Berkarakter Pancasila dan Peduli Lingkungan.”

Pemenang diambil dalam bentuk 3 Kategori, yaitu Kategori Guru, Kategori Staf Tata Usaha dan Kategori Peserta Didik. Pemenang The Best Reader kategori guru adalah Ibu Eskawati Nurul Fajar, S.Pd, M.Pd. , dan kategori staf tata usaha dimenangkan oleh Ibu Arlin Asmorowati, A.Md. Sedangkan untuk kategori peserta didik ada 3 pemenang yaitu dari kelas X, XI, dan kelas XII. Kelas X, pemenangnya adalah Ananda Zaky Afrinaldi Eka Putra dari kelas XD. Kelas XI dimenangkan oleh Ananda Nabila Puspa Muftia Jasmin dari kelas XI IPS 1 dan yang terakhir, pemenang The Best Reader kelas XII adalah Ananda Bagus Rama Dibputra dari kelas XII MIPA 3.

Pengumuman dilaksanakan pada saat upacara bendera hari Senin, 20 November 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan di lapangan upacara SMA Negeri 1 Ngaglik.