Kirab budaya atau festival budaya atau karnaval adalah istilah umum yang merujuk kepada perarakan, berjalan bersama-sama atau beriring-iringan secara teratur dan berurutan dari depan sampai ke belakang dalam suatu rangkaian acara, semisal upacara adat, keagamaan, dan lain-lain. Kirab budaya biasanya dibagi dalam beberapa kelompok (devile) yang menempuh rute dari suatu tempat ke pusat pemerintahan atau alun-alun. 

Pada hari Kamis, 7 Maret 2024 SMAN 1 Ngaglik mengadakan kegiatan Kirab budaya. Kirab buadaya diadakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi DIY. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB dengan titik kumpul di lapangan utara sekolah. Seluruh warga sekolah yang terdiri dari peserta didik, guru dan karyawan berpartisipasi aktif dalam kirab budaya ini. Seluruh peserta kirab mengenakan baju tradisional Jawa gagrag Ngayogyakarta. Rute kirab adalah di sekitar sekolah yaitu melewati desa Donoharjo.

Selain untuk melestarikan kebudayaan kirab ini bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan di SMAN 1 Ngaglik. Dengan kebersamaan dan komitmen yang kuat SMAN 1 Ngaglik memeriahkan Hari Jadi DIY.

   

SMA NEGERI 1 Ngaglik, YES YES YES!
KALPAWIDYA, JAYA JAYA JAYA!