Dalam rangka meningkatkan minat dan budaya baca Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY menyelenggarakan kegiatan Gerakan Indonesia Membaca “Sepekan 1 Buku” pada hari Rabu, 17 Juli 2024. Acara tersebut diselenggarakan di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta dan dihadiri oleh tamu undangan Istimewa yaitu beliau Bapak Dr. (H.C.) H. Sri Sultan Hamengkubuwana X S.H.

SMAN 1 Ngaglik adalah salah satu sekolah yang mendapat kesempatan hadir pada kegiatan tersebut dari 20 SMA/MA yang diundang di DIY.

Peningkatan kecakapan literasi siswa sangat penting karena berdasarkan rapor pendidikan Indonesia tahun 2023, kemampuan literasi siswa Indonesia berada dalam kategori sedang. Perpustakaan Nasional RI memberikan program Gerakan Indonesia Membaca untuk mempromosikan pentingngnya membaca yaitu ‘Sepekan 1 Buku’. Kegiatan Sepekan 1 buku adalah kegiatan untuk mengajak siswa SMP dan SMA untuk membiasakan diri membaca 1 buku dalam sepekan. Program Sepekan 1 Buku diharapkan menciptakan tren, pengalaman membaca, dan komunitas saling berbagi bahan bacaan yang lebih seru dan menyenangkan. Pentingnya kegiatan Gerakan Indonesia Membaca ini untuk meningkatkan kegemaran dan kebiasaan membaca siswa. Berbagai materi cara membuat resensi buku diberikan kepada siswa SMP dan SMA dengan harapan mereka mengikuti lomba menulis resensi buku dari Perpusnas.

Gerakan Indonesia Membaca harus dimulai dari sekolah dengan menggalakkan Gerakan literasi sekolah. Sekolah sebaiknya memberikan kesempatan dan fasilitas kepada semua warga sekolah untuk membiasakan membaca.