Hari Batik Nasional wajib diperingati pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Perayaan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tahun 2009.

Hari Batik Nasional memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mencintai, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya batik sebagai salah satu identitas nasional yang membanggakan. Lebih dari itu, hari batik nasional juga menjadi ajang untuk menunjukkan rasa bangga terhadap batik yang telah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia.

SMAN 1 Ngaglik pada tanggal 2 Oktober selalu memperingati dan memeriahkan hari batik nasional dengan mengenakan batik khas sekolah. Ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan dan menanamkan rasa bangga akan batik itu sendiri.