Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-78, 17 Agustus 2023, seluruh warga SMAN 1 Ngaglik melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan sekolah. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB.

Pasukan pengibar bendera dalam upacara ini adalah peserta didik kelas X. Selaku pembina upacara adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Drs. Agus Sudibyo.
Dalam upacara ini pembina upacara membacakan sambutan hari peringatan kemerdekaan RI ke-78 dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam sambutan yang dibacakan, Gubernur menyampaikan tema peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke-78, yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, dapat dimaknai sebagai semangat untuk menempuh perubahan ke arah yang lebih baik dalam setiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Gubernur juga mengajak para masyarakat untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan “kerja bersama”.

Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa rangkaian upacara bendera peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI telah selesai dilaksanakan menjadi penutup rangkaian upacara.

Dirgahayu RI ke-78 terus melaju untuk Indonesia maju.
Merdeka! Merdeka! Merdeka!