SMA N 1 Ngaglik bekerjasama dengan Lembaga Psikologi Bina Asih dalam melaksanakan Tes Minat dan Bakat untuk seluruh siswa kelas X. Tes ini berlangsung pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 bertempat di seluruh kelas X yaitu mulai dari kelas X A, X B, sampai dengan kelas X F.

Tes ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan, kecerdasan serta hal – hal yang ada kaitannya dengan potensi siswa, sehingga melalui tes ini siswa bisa menentukan keputusan dalam memilih peminatan pada jenjang kelas selanjutnya

Adapun manfaat tes ini bagi sekolah yaitu, setiap sekolah mempunyai kebijakan internal sendiri – sendiri seperti pengaturan kelas/ kelas unggulan, kelompok belajar, penyusunan skala prioritas serta mengukur kemajuan sekolah secara umum. Kebijakan ini umumnya terkait erat dengan kondisi geografis, sosial ekonomi, orang tua murid, sarana dan prasarana sekolah serta kondisi psikologi siswa. Dari hasil pelaksanaan tes ini akan dapat membantu ketepatan dalam menggariskan kebijakan umum sekolah.