Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMAN 1 Ngaglik sudah mulai berjalan dengan baik. Kurikulum merdeka mulai diterapkan di kelas X pada tahun ajaran 2023/2024. Salah satu ciri khas atau inti dari konten kurikulum merdeka adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Tema yang diambil untuk P5 di SMAN 1 Ngaglik adalah Gaya Hidup Berkelanjutan dan dilaksanakan dalam rentang waktu 2 bulan. Sistem penjadwalannya sendiri adalah dengan menggunakan sistem per jam yang dilaksanakan setiap 4 jam pelajaran terakhir di hari Senin, Rabu dan Kamis.

Tema P5 Gaya Hidup Berkelanjutan ini diberi judul GUMANCANGTEL “Segudang Manfaat Cangkang Telur”. Dalam kegiatan Gelar karya ini para siswa menampilkan berbagai karya yang dihasilkan dari cangkang telur.

Senin, 11 September 2023 SMAN 1 Ngaglik melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan tersebut bertujuan agar menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut diadakan di Aula SMAN 1 Ngaglik dan di Lab Biologi. Acara gelar karya ini dibuka oleh Kepala Sekolah, dan di hadiri juga oleh Kepala Balai Pendidikan Sleman, Bapak Ibu Komite Sekolah, Bapak Ibu perwakilan wali murid kelas X, alumni, seluruh guru dan staf Tata Usaha.

Dalam kegiatan gelar karya ini banyak ditampilkan bakat-bakat dari para siswa SMAN 1 Ngaglik, mulai dari bakat tari, musik serta drama teataer. Puncak dari kegiatan gelar karya ini adalah para hadirin dipersilakan untuk berkeliling melihat karya-karya anak kelas X yang dihasilkan dari cangkang telur.