Jumat, 13 Oktober 2023 pukul 08.00-11.30 WIB dilaksanakan kegiatan KABARKAL atau kajian bareng Kalpawidya di halaman tengah SMAN 1 Ngaglik dengan dihadiri seluruh warga sekolah dan tamu undangan. Pengajian dengan pemateri Ustadz Drh. H. Agung Budiyanto MP. Ph. Dini diselenggrakan dalam rangka Maulid Nabi Muhamammad SAW. Kajian pada kesempatan ini mengambil tema “Meneladani Sifat Nabi Muhammad di Era Milenial.”

Kegiatan ini diawali dengan penampilan hadroh dari tim hadroh Kalpawidya. Tim hadroh ini memeriahkan acara kajian dengan lagu-lagu religinya. Seluruh warga menikmati lagu-lagu yang dibawakan tim hadroh kalpawidya.

Kepala SMAN 1 Ngaglik, Yunan Helmi S, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam rangka pendidikan karakter. Di era milenial ini para siswa harus bisa menghadapi dengan tetap berpegang dalam nilai-nilai agama agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Menurut ustadz Agung anak muda zaman milenial harus mempunyai sifat dasar untuk menghargai dan menghormati orang tua dan guru. Semua perilaku baik harusnya bisa dipraktekkan dan disampaikan kepada orang lain agar mendapat kemulian.

KABARKAL ini ditutup dengan sholat Jumat berjamaah di masjid sekolah, masjid Al-Mu’minun. Sholat jumat dengan khotib dan imam Drs. Agus Sudibyo. Setelah sholat berjamaah peserta didik membersihkan ruang kelas masing-masing dan dilanjutkan pulang.