Penerapan kurikulum merdeka begitu menekankan pendidikan karakter bagi para peserta didik di Indonesia. Dengan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, diharapkan peserta didik memiliki karakter yang sesuai dengan ideologi dan karakter bangsa.

Salah satu tema dari P5 adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya. Dengan tema ini, diharapkan peserta didik bisa menerapkan sehat jasmani dan rohani. Pada hari Kamis, 23 November 2023 SMAN 1 Ngaglik menggelar karya dengan judul “Rangkul Mereka dengan Cinta”. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman tengah SMAN 1 Ngaglik dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutan membuka Gelar Karya P5, Kepala SMAN 1 Ngaglik, Bapak Yunan Helmi S, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras hingga pelaksanaan kegiatan Gelar Karya dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, Rangkul Mereka dengan Cinta di sekolah dapat berjalan lancar. Kepala Sekolah juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua peserta didik kelas X yang telah mengikuti pembelajaran proyek P5 hingga saat Gelar Karya dengan baik dan antusias.

Pada kesempatan ini hadir juga Bapak Kepala Balai Pendidikan Sleman, Bapak Dwi Agus Muchdiharto, S.H., M.A., Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, dan perwakilan orang tua peserta didik.

Dalam gelar karya ini kelas X setiap kelas menampilkan beberapa karya diantaranya: Cipta Film Pendek, Cipta Lagu/ Jingle, Musikalisasi Puisi, Standup Comedy, Orasi Dan Senam Kreasi. Gelar karya kali ini dimeriahkan juga oleh kelas XI dan XII yang mengadakan market day dengan membuka kedai-kedai kuliner yang menarik.