Peserta didik kelas XII pada hari Jumat tanggal 15 Desember 2023 mengikuti kegiatan pendidikan pramuka sistem blok. Model pramuka dengan sistem blok ini dilakukan untuk memenuhi jam pengganti ekstrakurikuler pramuka bagi kelas XII. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII. Kegiatan ini memiliki tujuan-tujuan tertentu dalam penerapan pendidikan kepramukaan di sekolah. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan lingkungan peserta didik, melatih stamina dan jiwa mandiri peserta didik.

Kegitaan ini dimulai pukul 07.30 WIB dengan titik kumpul di lapangan SMAN 1 Ngaglik. Diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan perjalanan menuju pos-pos yang telah disediakan. Di setiap pos peserta didik diberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Ada tiga pos yang harus dilalui para peserta didik. Perjalanan berakhir di lapangan SMAN 1 Ngaglik lagi.

Dari kegiatan ini diharapkan para peserta didik dapat mengambil manfaat seperti kemandirian, gotong royong dan kerjasama, meningkatkan kepedulian, kedsiplinan, belajar mencintai alam, belajar organisasi dan kerjasama dan melatih kepemimpinan dan kreativitas.