Pada tanggal 21 Februari, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang mengingatkan kita bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. HPSN merupakan momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi pengendalian perubahan iklim melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah.

SMAN 1 Ngaglik turut memeringati HPSN 2024 ini dengan aksi bersih – bersih sampah serta memilah sampah organik dan an organik yang dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024 pukul 07.15 – 08.30 di jadwal kegiatan “Jumat Bersih”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader adiwiyata kelompok kerja (pokja) pengelolaan sampah bersama koordinator yang bertugas di pokja tersebut. Setelah sampah selesai dipilah kemudian ditimbang dan hasil timbangan sampah dibawa ke bank sampah terdekat. Untuk ruang kelas/kantor yang sampahnya semakin sedikit maka akan lebih baik. Hal ini merupakan upaya agar sekolah dapat mengurangi sampah terutama sampah plastik.