SMA Negeri 1 Ngaglik selalu aktif dalam berbagai kegiatan seperti budaya, pendidikan karakter, olah raga, kesenian, dan gelar karya P5. Hal ini membuat peserta didik membutuhkan tempat yang layak untuk latihan dan menampilkan kompetensi mereka. Namun pada kenyataannya sekolah belum mempunyai ruang besar atau aula sebagai wahana peserta didik dalam mengekspresikan kemampuan dan bakatnya.
Untuk mendukung keberhasilan pendidikan di SMAN 1 Ngaglik, maka sangat dibutuhkan sebuah ruangan besar atau aula serbaguna sebagai ruang rapat/pertemuan, koordinasi dan tempat untuk berekspresi bagi peserta didik.

Pada hari ini Selasa tanggal 24 September 2024 pada pukul 08.00 WIB diadakan peletakan batu pertama untuk menandai dimualinya pembangunan aula SMAN 1 Ngaglik.

Kegiatan pembangunan aula SMAN 1 Ngaglik akan dilaksanakan di bagian barat lokasi sekolah yang beralamat di jalan Yogya-Pulowatu, Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kepala SMAN 1 Ngaglik, Bapak Yunan Helmi S., S.Pd., M.Pd. mengutarakan bahwa pembangunan aula ini butuh dukungan dari segala pihak dan beliau berharap aula selesai dibangun dan siap digunakan pada bulan Juli 2025.