Komunitas belajar adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah di mana mereka berpartisipasi aktif. Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2023 di Lab Biologi pada pukul 08.00 WIB, SMA N 1 Ngaglik bersama-sama membangun sebuah komunitas belajar.

Pada sambutannya Kepala Sekolah SMA N 1 Ngaglik, Bapak Yunan Helmi S, S.Pd., M.Pd. menyampaikan gagasan Ki Hajar Dewantara yaitu di mana Pendidikan dapat memfasilitasi peserta didik untuk tumbuh sesuai dengan kodratnya, yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Dengan adanya komunitas belajar ini diharapkan dapat mengedukasi anggota komunitas, berbagi informasi, memfasilitasi anggota komunitas dan mendorong peningkatan kompetensi anggota.

Pada acara ini, bidang kurikulum SMA N 1 Ngaglik memandu Bapak Ibu guru untuk bergabung di Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform edukasi yang diluncurkan oleh Kemdikbudristek sebagai salah satu dukungan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan bergabung di PMM diharapkan para guru SMA N 1 Ngaglik terus belajar mengembangkan kompetensinya kapanpun dan di manapun.

Dengan adanya komunitas belajar ini diharapkan para pendidik dapat melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka abad ke-21. Pembelajaran pada kurikulum merdeka diharapkan dapat memerdekakan peserta didik dengan seutuhnya, artinya peserta didik dapat berkreasi dan mengembangkan diri sesuai bakat dan minat.