SMAN 1 Ngaglik menyelenggarakan Sarasehan Pendidikan Berbasis Budaya dengan melibatkan tiga narasumber. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun oleh SMAN 1 Ngaglik.  

Kegiatan Sarasehan dilaksanakan di Lab Biologi pada hari Rabu tanggal 22 November 2023, dihadiri sebanyak 55 peserta yang terdiri dari guru, karyawan dan peserta didik SMAN 1 Ngaglik.

Kegiatan Sarasehan dengan tema “Implementasi Budaya Lokal dan Budaya Kraton Ngayogyakarta” ini dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Yunan Helmi S, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bagaimana kita harus mengisi waktu dengan kegiatan produktif, salah satunya dengan mengikuti kegiatan sarasehan ini. Beliau juga berharap semua peserta sarasehan dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehigga materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diimplementasikan di sekolah. Budaya positif yang dilestarikan diharapkan mempunyai korelasi yang positif dan dapat dipraktikkan di kehidupan sehari-hari.

Tiga narasumber yang dihadirkan dalam sarasehan ini adalah Slamet Nugroho, S.Pd., M.Pd., Ki Santjoko dan Drs. Awang Eka Harmawan, S. Sn. Dalam kegiatan ini Bapak Slamet Nugroho, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi tentang budaya Kraton, Ki Santjoko menyampaikan materi tentang kesenian dan tata cara mengenakan busana Jawa, Drs. Awang Eka Harmawan, S. Sn. menyampaikan materi mengenai public speaking.

Tantangan zaman yang semakin besar kita harus memiliki dasar kebudayaan yang kuat. Status Daerah Istimewa Yogyakarta yang istimewa dengan budaya-budaya yang positif ini harus diimplementasikan di sekolah.