MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran. Di SMAN 1 Ngaglik MPLS dilaksanakan pada hari Senin-Jumat pada tanggal 15-19 Juli 2024. MPLS diikuti oleh peserta didik kelas X sebanyak 216 peserta didik. Sedangkan kelas XI dan XII mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter. 

Kegiatan MPLS ini banyak diadakan kegiatan yang bermanfaat. banyak narasumber yang didatangkan ke sekolah untuk memberikan materi. Kegiatan MPLS ini dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, Yunan Helmi S, S.Pd., M.Pd. 

Adapun kegiatan dan narasumber MPLS diantaranya adalah Satuan Pendidikan Aman Bencana, Sekolah Siaga Kependudukan, Pergaulan dan Kesehatan Reproduksi Remaja, Sekolah Ramah Anak, Kesadaran Tata Tertib Berlalu Lintas dan Pengenalan Hukum, Adiwiyata, Pelatihan Baris Berbaris, Pengenalan Budaya Yogyakarta, serta Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Kegiatan kelas XII Pendidikan Karakter meliputi Tes Psikologi Bakat Minat dari Bimbel, Motivasi Masuk PTN, Sekolah Ramah Anak, Materi Anti Inklusifitas, Materi Taat Pada Norma dan Aturan Sosial dan diakhiri dengan jalan sehat. 

Harapan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan karakter yang baik pada para peserta didik.