Rugbi (bahasa Inggris: Rugby) merupakan sejenis permainan bola tim yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola sehingga mereka dapat menyepak untuk melepaskan gol lawan atau menyentuh di belakang garis lawan. Tim yang mencetak poin paling banyak menjadi pemenang.

Pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 Tim Rugby putra dan putri SMAN 1 Ngaglik mengikuti KEJUDA T1 Rugby dan Tag Rugby antar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di alun-alun Wates Kabupaten Kulonprogo. Sebanyak dua tim dan guru pendamping berangkat menuju tempat lomba dengan menggunakan bus. Satu tim terdiri dari 15 pemain. Kejuaran berlangsung meriah dan penuh semangat. Di akhir perlombaan diumumkan bahwa tim rugby putra menjadi juara I dan tim rugby putri Juara II. Rasa bahagia dan bangga dirasakan oleh para pemain dan guru pendamping.

Hasil maksimal yang diraih oleh tim rugby diharapkan menular ke setiap peserta didik SMAN 1 Ngaglik di setiap bidang, akademik maupun non akademik.

SMA NEGERI 1 Ngaglik, YES YES YES!
KALPAWIDYA, JAYA JAYA JAYA!