Dalam rangka menuju calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Tahun 2024, SMA Negeri 1 Ngaglik melaksanakan beberapa persiapan dini salah satunya dengan mengadakan kegiatan sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah atau biasa disingkat dengan GPBLHS.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Ibu Mustika Dewi, S.H. Tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah untuk membangun kembali semangat seluruh warga SMAN 1 Ngaglik dalam mempersiapkan sekolah menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi pada Tahun 2024 mendatang yang mana SMAN 1 Ngaglik pernah menjadi Rintisan Sekolah Adiwiyata pada tahun lalu.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Pada kesempatan ini, Ibu Mustika Dewi, S.H menyampaikan beberapa poin penting yang wajib direalisasikan oleh seluruh warga sekolah demi keberhasilan mencapai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2024.

Kegiatan Sosialisasi GPBLHS telah terlaksana pada hari Jumat, 15 Desember 2023 pukul 09.30 WIB sampai selesai bertempat di Laboratorium Biologi SMAN 1 Ngaglik.