Kegiatan kunjung museum bertujuan mengenalkan kepada seluruh peserta tentang museum. Museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Museum juga menyimpan berbagai kenangan masa lalu dan masa yang akan datang dengan mengemas museum menjadi spot foto yang sangat menarik terutama di kalangan generasi muda. Dengan demikian seluruh peserta didik diharapkan lebih mengenal dan tertarik untuk menggali apa yang ada di dalam museum-museum tersebut. 

SMAN 1 Ngaglik pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 melaksanakan kegiatan kunjung museum. Kegiatan ini diikuti oleh 215 peserta didik dan 17 guru pendamping. Kegiatan ini menjadi kegiatan pembelajaran di luar kelas yang sangat dinantikan para peserta didik. Di tahun 2024 ini SMAN 1 Ngaglik mengunjungi Museum Kraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo dan Museum Memorial Jendral Besar HM Suharto. 

 Di kegiatan kunjung museum ini peserta didik diberikan penugasan sebagai pelaporan hasil kunjungan sebagai perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam proses berpikir Mandiri, Kreatif berlandaskan Ketaqwaan dalam elemen akhlak kepada Negara.